MEMBERSHIP PRE-REGISTRATION

Form Pendaftaran ini di per-untukkan Member tanpa pembelian Produk dan PIN Produk. Member yang bersangkutan hanya akan mendapatkan Starter Kit dan Akses Member Area. Biaya Pendaftaran Rp. 5.000,- (Belum termasuk 3 digit angka unik Transfer).
Jika Anda ingin mendaftar sebagai member dan sudah memiliki PIN Produk silahkan Klik Disini untuk melakukan Pendaftaran

Kode Etik 4jovem

Kode Etik 4jovem

Dalam rangka menciptakan iklim usaha yang sehat dan kondusif serta untuk
menjaga hak-hak dan kepentingan para distributor dalam menjalankan bisnis Multi Level Marketing PT. PBB dan sesuai dengan ketentuan Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 321M-DAG/PER/8/2008 tentang penyelenggaraan Kegiatan Usaha Perdagangan dengan Sistem Penjualan Langsung, maka Perusahaan perlu membuat suatu ketentuan kode etik yang wajib diikuti oleh seluruh distributor PT.PBB.

Dengan memahami dan mematuhi kode etik distributor maka diharapkan para distributir PT. PBB dapat menjadi seorang usahawan yang bertanggung jawab mempunyai etika yang baik serta disiplin yang tinggi sehingga akan meningkatkan citra PT. PBB dan para distributornya di mata masyarakat.

BAB I

KETENTUAN HUKUM

Pasal 1

1. Perusahaan adalah PT. Pansaky Berdikari Bersama didirikan berdasarkan Hukum Republik Indonesia yang bergerak dalam usaha perdagangan dengan sistem Multi Level Marketing(MLM).
2. Distributor merupakan kegiatan usaha mandiri dan bukan merupakan bagian dan struktur organisasi perusahaan.
3. Distributor dapat berbentuk perseorangan atau badan usaha yang pengurusannya telah terdaftar sebagai anggota jaringan pemasaran MLM PT. PBB dan telah mendapat nomor keanggotaan.
4. Peringkat adalah jenjang tingkatan distributor yang dapat dicapai berdasarkan kriteria tertentu yang ditentukan perusahaan.
5. Produk adalah benda bergerak dan dapat diperjual-belikan yang dikeluarkan oleh PT. PBB untuk dijual dan dipasarkan oleh distributor.
6. Keuangan Langsung adalah selisih antara harga distributor dengan harga konsumen yang menjadi hak distributor.
7. Bonus adalah suatu nilai yang diberikan oleh perusahaan kepada distributor berdasarkan perhitungan tertentu dari jumlah dan nilai penjualan distributor.

BAB II

PERSYARATAN DISTRIBUTOR, KEANGGOTAAN, PERATURAN SPONSOR, PENGAKHIRAN, KEANGGOTAAN, PENDAFTARAN KEMBALI, PENGANTIAN SPONSOR, PERUBAHAN DATA DISTRIBUTOR DAN PENGALIHAN KEANGGOTAAN

Pasal 2
Persyaratan Menjadi Distributor

1. Warga negara Indonesia yang telah berusia 18 tahun atau lebih.
2. Mempunyai seorang sponsor yang telah terdaftar menjadi anggota PT. PBB
3. Mengisi formulir pendaftaran online dengan benar
4. Melampirkan fotokopi KTP
5. Membayar biaya paket registrasi
6. Bukan karyawan perusahaan PT. PBB

Pasal 3
Keanggotaan

  1. Setiap distributor hanya diperbolehkan mempunyai 1 (satu) nomor keanggotaan, jika terdapat lebih dari satu nomor keanggotaan yang berlaku, maka perusahaan akan menghapuskan nomor keanggotaan yang terakhir.
  2. Hak Keanggotaan hanya milik distributor yang bersangkutan dan tidak bisa digunakan oleh orang lain kecuali suami/istri yang bersangkutan. Segala hal yang berkaitan dengan penyalahgunaan kartu keanggotaan menjadi tanggung jawab pemegang kartu.
  3. Seorang distributor yang telah memasuki usia 65 tahun keatas atau tidak mampu lagi untuk melakukan aktifitas kedistributoan karena alsan kesehatan, dapat mengalihkan keanggotaannya kepada anggota keluarganya yang lain yang belum terdaftar sebagai distributor.
  4. Keanggitaan sebagai distributor berlaku seumur hidup selama yang bersangkutan dapat memenuhi syarat repeat order minimal 1 dus dalam satu tahun.
  5. Seorang distributor bertanggung jawab penuh terhadap segala keputusan bisnis yang diambilnya serta segala bentuk pengeluaran yang telah dilakukannya.
  6. Distributor tidak dibenarkan menggunakan nama orang lain ataupun nama fiktif untuk pendaftaran keanggotaannya.

Pasal 4
Peraturan Sponsor

Peraturan sponsorisasi :
  1. Seorang sponsor haruslah orang yang telah terdaftar sebagai distributor/member PT. PBB.
  2. Sponsor harus memberikan petunjuk, arahan dan bimbingan yang benar kepada calon distributor/member serta memberikan pembinaan setelah yang bersangkutan terdaftar sebagai distributor/member.
  3. Sponsor tidak dibolehkan memperebutkan calon distributor/member, dalam hal terjadinya ada dua orang atau lebih yang telah memprospek distributor/member, maka keputusan untuk memilih sponsor diberikan kepada calon distributor/member tersebut.
  4. Sponsor tidak diperbolehkan memasang iklan untuk mencari distributor/member baru seolah-olah memberikan lowongan pekerjaan.
  5. Perselisihan antar distributor/member: Perusahan tidak campur tangan bila ada perselisihan diantara distributor/member,baik di dalam group sendiri maupun diluar garis sponsorisasi.
  6. Pensponsoran terhadap karyawan PT.PBB: distributor/member PT. PBB tidak diperkenankan mensponsori karyawan perusahaan. Kebijakan ini dikeluarkan untuk menjaga keadilan pelayanan karyawan terhadap distributor/member.
  7. Apabila seorang distributor/member menikah atau mempunyai istri/suami yang belum menjadi distributor dan kemudian mendaftar menjadi distributor/member, maka sponsornya haruslah pasangan dari suami/istri yang tersebut serta harus berada dalam satu jaringan istri/suami yang lebih dahulu menjadi anggota.
  8. Dalam hal dua orang yang telah menjadi distributor menikah, maka mereka dapat memutuskan untuk tetap menjalankan jaringannya masing-masing atau bergabung dengan jaringan pasangannya dengan posisi sebagai distributor baru.
  9. Perceraian distributor/member Apabila pasangan suami istri dalam satu nomor keanggotaan distributor/member menyatakan untuk bercerai, maka hak distributor/member akan ditentukan dari nama yang tercantum dalam formulir keanggotaan.

Pasal 5
Pengakhiran Keanggotaan
  1. Seorang anggota yang ingin mengundurkan diri dari keanggotaan dapat mengajukan permohonan secara tertulis diatas kertas bermaterai secukupnya.
  2. Seorang anggota dapat dihapuskan keanggotaannya dan dinyatakan sebagai distributor tidak aktif apabila yang bersangkutan tidak mencapai pembelian produk minimal 1 dus selama 12 (duabelas) bulan berturut-turut.
  3. Pencabutan keanggotaan dapat dilakukan terhadap anggota yang telah terbukti melakukan pelanggaran terhadap kode etik anggota setelah kepada yang bersangkutan diberikan peringatan.
  4. Akibat dari pengakhiran keanggotaan, seluruh downline distributor tersebut akan diberikan kepada upline-nya.
Pasal 6
Pendaftaran Kembali
  1. Seseorang yang telah mengundurkan diri atau yang dicabut keanggotaannya, dapat mendaftarkan untuk menjadi distributor kembali setelah 6 (enam) bulan sejak tanggal pemberhentian atau pengunduran dirinya, dan dalam masa 6 (enam) bulan tersebut yang bersangkutan tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan bisnis PT. PBB baik secara langsung maupun tidak langsung.
  2. Seseorang yang dinyatkan tidak aktif dapat mendaftar kembali sebagai distributor/member PT. PBB dengan terlebih dahulu mengajukan surat pengunduran diri.
  3. Pendaftaran kembali tersebut harus mengikuti prosedur pendaftaran sebagaimana layaknya distributor/member baru dan tidak diperkenankan untuk menggantikan posisi seseorang yang telah menjadi distributor/member PT. PBB.
Pasal 7
Pergantian sponsor
    Apabila seorang distributor/member hendak mengganti sponsornya atau akan pindah organisasi, maka distributor/member tersebut harus mengundurkan diri sebagai distributor dan menghentikan segala aktivitasnya yang berkaitan dengan PT. PBB selama masa waktu 6 (enam) bulan.
Pasal 8
Perubahan data distributor
  1. Apabila data pribadi seorang distributor/member berubah dari data awal yang didaftarkan, seperti: no.KTP, alamat KTP, alamat surat menyurat, alamat email, no. telepon dan hand phone, nama ahli waris dan informasi bank, harus diberitahukan kepada PT.PBB
  2. Pemberitahuan atau surat dari PT. PBB yang tidak sampai ke tangan distributor/member yang bersangkutan adalah di luar tanggung jawab perusahaan.
Pasal 9
Pengalihan Keanggotaan
    Pengalihan keanggotaan berarti menjual group bisnisnya kepada orang lain. Oleh karena itu kedua orang yang melakukan transaksi jual beli yaitu distributor/member lama dan calon pembeli harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
  1. distributor/member lama wajib membuat surat pengunduran diri dan disetujui oleh sponsornya.
  2. Pihak pembeli harus mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan foto copy KTP.
  3. Membayar biaya pengambil alihan kepada perusahaan sebesar Rp. 600.000,- (enam ratus ribu rupiah).
  4. Pihak management PT. PBB berhak menerima atau menolak permohonan tersebut.

BAB III

HAK DAN KEWAJIBAN DISTRIBUTOR

Pasal 10
Hak Distributor/Member Selama menjadi distributor/member seseorang berhak untuk :
  1. Mensponsori, memprospek calon anggota diseluruh Indonesia tanpa dibatasi jumlah dan wilayahnya.
  2. Membeli produk-produk PT. PBB dengan harga distributor.
  3. Mendapatkan keuntungan langsung dari penjualan.
  4. Memperoleh peringkat tertentu setelah memenuhi persyaratan yang ditentukan.
  5. Mendapatkan bonus sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalam Rencana Pemasaran (Marketing Plan).
  6. Mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan.
  7. Menghadiri acara-acara yang diselenggarakan oleh PT. PBB.
  8. Mewariskan keanggotaannya kepada ahli waris yang sah yang ditunjuk atau ditetapkan.
  9. Penempatan downline: Seorang distributor/member berhak menempatkan orang yang disponsorinya sesuai dengan dimana ia ingin menempatkannya. Namun apabila akan ditempatkan di bawah orang lain, maka harus sepengetahuan orang yang bersangkutan sebagai up-line.
Pasal 11
Kewajiban Distributor/Member Selama menjadi distributor/member seseorang wajib untuk :
  1. Mematuhi ketentuan kode etik distributor dan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Bersikap santun, jujur, profesional dan bersungguh-sungguh dalam usahanya membangun bisnis jaringan PT. PBB.
  3. Menjaga dan meningkatkan reputasi dan nama baik perusahaan dimata masyarakat dan menghindari tindakan-tindakan atau sikap yang akan merusak citra PT. PBB serta distributor/member lainnya.
  4. Memberikan informasi yang benar dan akurat tentang produk, hak dan kewajiban serta rencana pemasaran sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh perusahaan serta tidak berlebih-lebihan.
  5. Menjaga hubungan yang baik dengan sesama distributor/member dan seluruh karyawan PT. PBB.
  6. Melaporkan setiap ada pemindahan alamat atau domisilinya.
  7. Distributor/member berjanji dan bertekad untuk:
    1. Jujur.
    2. Bertanggung Jawab.
    3. Adil.
    4. Setia.
    5. Semangat.
    1. Jujur atas segala tindakan yang berhubungan dengan kedistributoran, support system dengan mematuhi hal-hal seperti :
      1. Mengisi dengan benar formulir keanggotaan.
      2. Mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan dan support system.
      3. Menjelaskan dengan benar kepada calon downline rencana pemasaran, kompensasi atau sistem bonus yang telah ditetapkan oleh management PT.PBB
      4. Menjelaskan dengan benar tentang keunggulan-keunggulan produk PT.PBB kepada para pelanggan.
    2. Bertanggung jawab kepada:
      1. Perusahaan dengan cara patuh menjalankan aturan-aturan yang berlaku dengan benar.
      2. Support System dengan cara menjadi anggota team yang mudah diajar, tidak mencampuri urusan anggota lain di luar group sendiri, bisa bekerja sama, saling mendukung kemajuan bersama.
      3. Para downline dengan cara memberi pelatihan, pengetahuan dan membantu kesuksesan mereka.
      4. Para upline dengan cara mendukung strateginya untuk kemajuan bersama.
      5. Diri sendiri dengan cara terus menerus belajar, mengikuti seminar-seminar yang dianjurkan, dengan disiplin dan semangat yang tinggi.
      6. Para pelanggan dengan memberikan pelayan yang terbaik demi kepuasan pelanggan.
    3. Bersikap adil dalam hal:
      1. Membantu para downline untuk kemajuan usahanya.
      2. Memberikan penghargaan.
      3. Melayani para pelanggan.
      4. Menyelesaikan konflik yang terjadi di organisasi/group usaha.
    4. Setia terhadap:
      1. Perusahaan dengan tidak menjalankan usaha MLM sejenis.
      2. Upline dengan tidak menyebarkan isu-isu tidak benar atau berita bohong.
      3. Anggota team lainnya dengan tidak berupaya memecah belah team lainnya.
      4. Downline dengan memberikan pelayanan, pelatihan dan konsultasi yang Benar.
    5. Semangat:
      1. Membina diri sendiri.
      2. Membina organisasi.
      3. Memasarkan produk.

BAB IV

JAMINAN KUALITAS PRODUK DAN PENGEMBALIAN SERTA PEMBELIAN KEMBALI

Pasal 12
Jaminan Kualitas Produk dan Pengembalian
  1. PT. PBB menyediakan produk-produk berkualitas namun jika terjadi ada produk-produk yang rusak, tidak sesuai dalam hal ukuran, jumlah serta kualitas barang yang telah dibeli, distributor/member dapat mengembalikan dan atau menukarkaknnya dengan barang yang sejenis dalam waktu paling lambat 7 (tujuh) hari sejak tanggal pembelian.
  2. Pengembalian dan atau penukaran tersebut tidak mencakup kepada produk-produk yang sengaja dirusak, dicemar atau disalah gunakan.
  3. Distributor/member harus mengisi form pengembalian produk.
Pasal 13
Pembelian Kembali
  1. Apabila seorang distributor mengundurkan diri atau dicabut keanggotaannya dan yang bersangkutan masih memiliki produk-produk PT. PBB yang belum terjual, Perusahaan harus membeli kembali barang-barang yang belum terjual tersebut yang dibeli, dengan catatan produk-produk yang akan dikembalikan harus masih dalam keadaan layak jual serta utuh baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya dan belum memasuki masa 6 (enam) bulan dari batas kadaluarsa serta harus menyertakan nota asli pembelian barangnya.
  2. Setiap pengembalian produk akan dikenakan biaya pemotongan administrasi sebesar 10% (sepuluh persen) dari harga beli dan pemotongan biaya bonus serta manfaat-manfaat lain yang telah dikeluarkan perusahaan atas pembelian produk-produk tersebut.
  3. Perusahaan menganjurkan kepada distributor untuk tidak membeli produk dalam jumlah besar atau berlebihan serta tidak diperkenankan untuk menimbun barang untuk kepentingan pribadi maupun jaringannya.

BAB V

Pasal 14
Penggunaan Website dan Hak Atas Kekayaan Intelektual
  1. Website yang merujuk kepada perusahaan atau terhubung dengan perusahaan dilarang menyampaikan klaim yang berlebihan dan tidak benar mengenai produk dan penghasilan yang akan didapatkan, dan harus mencantumkan secara jelas ditempat yang mudah terlihat bahwa website tersebut adalah website mandiri milik distributor.
  2. Website milik distributor dilarang untuk memberikan pernyataan bahwa mereka adalah website resmi atau perwakilan resmi dari perusahaan serta dilarang untuk melakukan kegiatan, pendaftaran dan atau penjualan produk-produk secara online, meminta atau menerima pembayaran secara online atau melalui trasnfer.
  3. Segala akibat yang timbul atas pembukaan website mandiri tersebut menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari distributor/pemilik website.

BAB VI

Pasal 15
Pewarisan Keanggotaan
  1. Bila seorang distributor/member tidak dapat melanjutkan usahanya karena meninggal dunia, maka keanggotaannya dapat diwariskan kepada ahli waris yang ditunjuk berdasarkan surat wasiat yang sah dibuat oleh distributor tersebut semasa hidupnya. Jika terjadi tuntutan dari pihak lain, perusahaan akan mentaati keputusan akhir dari pengadilan.
  2. Bila penerima warisan meninggal dunia, maka perusahaan akan mengalihkan keanggotaan distributor/member yang meninggal dunia tersebut kepada urutan penerima warisan terdekat sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.
  3. Jika seorang penerima warisan masih berusia dibawah 17 tahun, maka akan ditunjuk seseorang menjadi walinya berdasarkan usulan keluarga terdekat sampai si penerima tersebut berusia 17 tahun.
  4. Jika si penerima warisan telah menjadi distributor, maka ia wajib memilih salah satu keanggotaan dari kedua anggotaan tersebut.

BAB VII

HAL-HAL YANG DILARANG, PENGADUAN KEBERATAN DAN SANKSI

Pasal 16
Hal – Hal yang Dilarang
  1. Menyatakan diri sebagai karyawan atau bagian dari organisasi perusahaan.
  2. Karyawan PT.PBB dari semua lapisan tidak diperkenankan merangkap profesi sebagai distributor/member. Apabila seorang karyawan PT.PBB memutuskan untuk menjadi distributor/member, maka karyawan tersebut harus mengundurkan diri sebagai karyawan dari PT.PBB.
  3. Bertindak mewakili perusahaan dalam suatu kegiatan, pembuatan perjanjian, wawancara dan atau promosi dalam bentuk apapun kecuali mendapat ijin tertulis dari perusahaan.
  4. Menjual produk-produk PT. PBB tidak sesuai dengan harga yang telah ditetapkan.
  5. Menjual atau memasarkan produk-produk PT. PBB yang belum secara resmi diedarkan oleh PT. PBB.
  6. Menjual produk-produk PT. PBB yang telah kadaluarsa.
  7. Memprospek, mempengaruhi, membujuk, menawarkan bantuan keuangan atau bantuan lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung kepada orang yang telah menjadi distributor dengan maksud agar orang tersebut pindah kedalam jaringannya atau jaringan lain.
  8. Menyampaikan informasi yang berlebihan dan atau menyampaikan kepada pihak manapun bahwa produk-produk PT. PBB dapat berfungsi sebagai obat.
  9. Merubah, mengurangi, menambahkan sesuatu, memodifikasi, mengganti label dan atau kemasan, isi kemasan produk-produk PT. PBB yang diperjual-belikan baik sebagian atau seluruhnya.
  10. Melakukan peragaan atau memberikan jaminan diluar dari ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan.
  11. Melakukan penipuan, penghinaan, penganiayaan atau tindakan lain yang tergolong dalam tindak pidana kepada sesama distributor atau karyawan perusahaan.
  12. Menggandakan materi-materi training, video-video, buku-buku, merekam kegiatan-kegiatan atau pertemuan-pertemuan yang diselanggarakan oleh perusahaan tanpa ijin dan perusahaan.
  13. Melakukan pembatasan wilayah kepada distributor lainnya serta mengklaim bahwa ia berhak atas suatu kawasan atau wilayah tertentu.
  14. Memberikan informasi yang meremehkan, menghina, menyesatkan atau membuat perbandingan yang buruk tentang produk, sistem dan layanan dari perusahaan lain yang sejenis (kompetitor).
  15. Seorang distributor/member dilarang menggunakan lambang, slogan dan merek dagang PT. PBB tanpa persetujuan dari management PT.PBB.
  16. Seorang distributor/member dilarang mempengaruhi apalagi mengambil (hi-jacking) distributor/member dari jaringan lain untuk masuk sebagai down-line nya atau dalam jaringannya.
  17. Seorang distributor/member dilarang mensponsori, menganjurkan, membujuk distributor PT.PBB lainnya dengan cara apapun untuk pindah ke perusahaan MLM lain.
Pasal 17
Pengaduan Keberatan
  1. Setiap distributor dapat melakukan pengaduan terhadap suatu peristiwa atau kejadian yang telah merugikan dirinya atau nama baik perusahaan atau terhadap setiap pelanggaran kode etik yang telah diketahuinya.
  2. Pengaduan dibuat secara tertulis dengan dilengkapi identitas pelapor serta bukti-bukti yang mendukung pengaduannya. Nama dan identitas pelapor akan dirahasiakan kecuali apabila pengungkapannya dibutuhkan untuk kepentingan manajemen dan atau bila diperlukan oleh pihak-pihak terkait untuk kepentingan penegakan kode etik dan ketentuan hukum yang berlaku.
Pasal 19
Sanksi
  1. Perusahaan mempunyai hak untuk memberikan sanksi-sanksi kepada distributor yang tidak mematuhi atau terbukti melanggar ketentuan yang terdapat dalam kode etik distributor berupa :
    1. Pemberian surat teguran
    2. Pembekuan keanggotaan sementara serta penundaan pemberian bonus, hak-hak dan atau keuntungan-keuntungan lainnya.
    3. Pencabutan keanggotaan.
  2. Distributor yang keberatan dengan pemberian sanksi dapat mengajukan surat keberatan atas pemberian sanksi tersebut dengan menyatakan alasan-alasannya dalam waktu 15 (limabelas) hari sejak menerima surat pemberitahuan pemberian sanksi.
  3. Apabila dalam waktu 15 (limabelas) hari tersebut distributor tidak mengajukan surat keberatan, maka perusahaan akan menganggap bahwa yang bersangkutan telah menerima pemberian sanksi tersebut dan melepaskan hak jawabnya, dan dengan demikian maka sanksi dapat diberlakukan sejak tanggal surat pemberian sanksi ditanda tangani.
  4. Ketiga sanksi yang disebutkan dalam ayat 1 , tidak harus berurutan. Apabila seorang distributor/member dinilai oleh perusahaan sudah melewati batas toleransi, yaitu merugikan perusahaan dan distributor lainnya, seperti mencemarkan nama bbaik, berbuat kriminal, penipuan, dsb, maka perusahaan berhak langsung mengeluarkan sanksi ketiga, berupa pencabutan keanggotaan.

BAB VIII

Pasal 19
Surat Menyurat dan Pemberitahuan Tertulis
  1. Distributor wajib memberikan alamat yang sejelas-jelasnya serta memberitahukan ke perusahaan setiap terjadi perubahan alamat/tempat domisili. Setiap surat menyurat atau mengirim-pengiriman dari perusahaan kepada distributor akan dialamatkan ke alamat yang tercantum dalam formulir pendaftaran atau alamat terakhir yang diterima oleh perusahaan.
  2. Setiap surat, dokumen atau pemberitahuan tertulis dari perusahaan akan dianggap telah diterima oleh pemilik alamat pada saat surat tersebut diterima leh perusahaan jasa pengiriman surat dan dibayarkan jasa pengirimannya.
  3. Perusahaan tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang terjasi dari tidak diterimanya surat, dokumen, kiriman dari perusahaan karena ketidak jelasan alamat atau tempat domisili distributor.

BAB XI

Pasal 20
Ketentuan Perusahaan Perusahaan mempunyai hak penuh dan mutlak setiap saat untuk menyetujui atau tidak menjetujui.
Kode Etik PT. Pansaky Berdikari Bersama (PBB) ini mulai berlaku efektif sejak ditetapkan.

Ditetapkan di Kota Surabaya
Tanggal 9 April 2015